Minggu, 15 Mei 2011

PUISI MANTO

Oleh: Amran SN
 
1. Pendahuluan
Dalam masyarakat kita sekarang ini, telah berlangsung pergeseran dan perubahan nilai budaya, baik di kota besar maupun di perkampungan. Sebagai akibatnya, kehidupan tradisional makin ditinggalkan . Setiap pribadi berpacu memperebutkan peluang yang dapat memberi kesenangan atau kepuasan hidupnya.
Sengitnya persaingan terjadi hal yang tidak wajar. Kemajuan material sering menyebabkan orang lengah untuk menjaga keseimbangan baik lahir dan batiniah. Ilmu dan teknologi canggih yang diserap tanpa saringan yang tangguh dapat mengakibatkan pergeseran dan perubahan pola pikir dan perilaku yang melecehkan nilai agfama, budaya, norma-norma yang hidup dalam masyarakat. Sebagai akibatnya, besar kemungkinan mereka akan kehilangan kepribadian dan jati dirinya.
Tidak dapat dipungkiri bahwa karya sastra merupakan manifestasi kehidupan jiwa bangsa dari abad ke abad. Dalam karya sastra terkandung nilai-nilai budaya yang mencerminkan kehidupan manusia pada waktu tertentu. Karya sastra meruapakan khazanah ilmu pengetahuan dan budaya. Oleh karena itu, penghayatan terhadap karya sastra akan memberikan keseimbangan antara pemerolehan ilmu pengetahuan dan teknologi di satu pihak dan pembangunan jiwa di pihak lain. Kedua hal tersebut dirasakan belum seimbang, padahal keselarasan antara keduanya sangat berperan dalam pembangunan setiap manusia
Pembicaraan sastra tidak ada habis-habisnya, dilakukan orang dalam usaha meningkatkan  wawasan masyarakat tentang  tentang sastra, terutama sastra Indonesia, yang semakin hari semakin berkembang. Pembicaraan-pembicaraan tersebut terwujud dalam penelitian sastra, baik sastra Indonesia lama maupun sastra Indonesia modern. Hasil pembicaran tersebut harus disebarluaskan kepada masyarakat agar apa yang dihasilkan oleh kegiatan dimaksud dapat dinikmati oleh masyarakat sehingga secara tidak langsung pembicaraan itu juga ikut meningkatkan apresiasi sastra.
Oleh karena itu, kami (Amran SN dan Emral Jamal) terpanggil untuk mengumpulkan Puisi Manto (Puisi Mantera). Di mana Puisi Manto ini perlahan-lahan mulai menghilang dalam kancah sastra Minangkabau. Padahal Puisi Manto atau mantera tersebut merupakan puisi lama (tradisional), baik yang tertulis dalam bahasa Melayu dan bahasa daerah. Dapat dikemukakan disini bahwa jenis  atau bentuk puisi lama itu bermacam-macam; antara lain pantun , syair, gurindam, peribahasa, mantera, teka-teki, serat, tembang, bidal, ungkapan.
Puisi Manto ini dahulu kala amat populer karena bagi pelafasnya dapat membangkitkan semangat dan rasa percaya diri. Bahkan di zaman perang atau pergolakan, Puisi Manto merupakan penjaga diri dari mereka yang memilikinya.
Umumnya, Puisi Manto berisi lafas kebatinan atau lebih populer disebut ilmu batin, karena Puisi Manto dipercaya sebagai kesaktian seseorang. Puisi ini ada yang berasal dari ayat-ayat suci, dan disebut ilmu putih. Sedangkan yang menggunakan mantera-mantera yang berasal dari setan dinamakan ilmu hitam.
Namun Puisi Manto yang kami tulis bersama ini (Amran SN & Emral Jamal ), lebih mengacu pada kesusastraan Minangkabau. Sebab salah satu dari kekuatan sastra kita adalah Puisi Manto tersebut.
Mungkin selintas pendengar atau pembaca puisi dimaksud, akan memahami dan terkesan bernuansa magis. Kemungkinan kesan magis dari Puisi Manto, jelaslah akan mempunyai nilai tambah bagi kesusasteraan Minangkabau. Maka dengan segala kerendahan hati, kami menyusun Puisi Manto. Insyaallah kami diberi “kelapangan dada” atau petunjuk dan ridha Allah SWT sehingga Puisi Manto dapat hadir agar dapat meramaikan sastra Minangkabau. Dan juga bermanfaat bagi generasi berikutnya..   


* 

Karsani

(I)


Bismillahirrahmanirrahim

1.Badirilah basi karsani dalam badan tubuhku, karano aku mangatahui La haula wala quata illa billahi 'aliyul Azim…

2. Yahun kanda sabana-bananyo kanda, karano aku mangatahui La haula wala quata illa  billahi 'aliyul Azim

3. Dahulu dikanduang bapak, kamudian dikanduang bundo. Sakarang syaiun suatu juo.

4.Sandar maujud rasulullah, Kullhum ajimain kullum …Alfatihah Hu….Allah

5.Wahid Allahhu samad, samato dijadikan Allah. Barkat Tuhan insan aku. Diharamkan Allah nan kapacah.

6.Insan tiado insan. Insan nan duduak diujung alam. Aku duduak dipangka alam. Hu…Allah.

7. Aku nan banamo aie Rabulalamin. Yang dikanduang aie jati- ambun jati
Yang turun aia samporono kanin.
Daulu aso kamudian aso
Daulu cukuik
Kamudian cukuik
Aku dalam qodrat Allah
Hu…Allah.


**


(II)
La Ilaha Illa Allahu
 

  1. Asa La ilaha illa Allahu….dari pado Tuhan.
  2. Jalan La ilaha illa Allahu….dari pado tubuh
  3. Rupo La ilaha illa Allahu…dari tubuh yang halus
  4. Pohon La ilaha illa Allahu…maliputi sakalian alam, mamanhui sakalian ronggo. Tiado barbeda Zat jo Sifat.
  5. Samparono La ilaha illa Allahu…Hakikat yang batua. Aratinyo Rabbani

La ilaha illa Allahu tabagi ampek:

(1)   La
(2)   Ilaha
(3)   Illa
(4)   Allahu

La artinyo tidak, yang ditidakkannya adalah : tidak badarah, tidak badagiang, tidak batulang
La kulimah syariat, jalan zahir, syafaatpado Allah. Tubuh bagi kito.

Ilaha kulimah tarikat, jalan nan batin. Assama pada Allah. Hati pado kito.

Illa kulimah hakikat, sifat pado Allah. Zat pado kito

Allahu kulimah makrifat, samparono jalan. Rahasio pado Allah. Ujuik pado kito.
Jadi La ilaha illa Allahu, ujuik pado kito.

La ilaha illa Allahu duduak pado sabana diri.

**


(III)

Pidareh

Bismillahirrahmanirrahim
Itik-itik sikumbang ijau
Pieh-pieh tabang sakawan
Hak pirunyiek piluang lanteh
Tibo di bahu bahu runtuh
Tibo di tanah tanah lambang
Aku malapehkan doa pidareh
Pidareh Allah
Pidareh Muhammad
Hu…Allah.

**

(IV)

Tinju Batak


Tinju batak tinju baipuh
Katigo siulu lagati

**

(V)

Piganta Rimau

Jala Jali.
Jali tajadi dari pado Allah
Aku dijadikan Muhammad sabananyo
Ariekku saparti patuih di bumi.
Saparti gaga di lautan
Waintabalin….(7 kali)

**

(VI)

Tutup Allah, Kunci Muhammad

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaikum…
Naik saksi aku bahwa sasungguhnyo Aso Tuhan
Bana Muhammad rasulnyo
Kulluhu maqjatun
Tutup Allah
Kunci Muhammad
La ilaha illa Allahu…


(VII)

Pitunduak

Allahumma Shali’ala syaidina Muhammad
Wa ‘ala Ali Muhammad
Muhammad, Bismilahirrahmanirrahim
Alif tiado mati…
Ha mati
Alif tiado na’in
Tobaik sagalo manusia padaku
Aku mangatokan kato Allah
Hu…Allah

(VIII)

Doa Tolak Bala

(Baca salawat Nabi)
Bismillahirrahmanirrahim
Ambun pagi
Ambun patang
La ilaha illa Allahu
Katigo Muhammad
Barang siapo aniayo kapadoku. Mati!
Barang siapo batikaik salah padoku. Patah!
Patahkan Allah…
Patahkan Muhammad
Hu…Allah.

(IX)

Doa Mandi

Sabata’ura namonya aie
Aie zat diizinkan Allah ka dalam diriku, kapahaniang diri
Aku lagi haniang lagi haluih, lagi suci, tiado berkotoran haluih.
Tiado bersisih diriku sandirinyo
Aku bukan mandi aie
Aku mandi dalam kulimah Allah
Haq Allah…

(X)

Kato Anam

Aie simurai hati kanamoku
Sikana namo ibuku
Sipangana namo bapakku
Tangka mangana ujudullah
Luruih nyato tubuh insan
Maliputi sakalian alam

(XI)

Manto Bumi Langiek


Bumi langiek atas kursi siang jo malam
kadipakai garak dari pado Allah
Wahi dari pado nabi
Allah manjadikan…
Allah mangamukokan…
Bismillahu…
Hu…Akbar…


(XII)

Manto Pakasiah

Na salinjana lautan
Basar lagi barombak, lagi tacinto si Anu
dengan aku siang jo malam
Aku tau mulo asa kajadian engkau
jadi darah putih dari bapak
dari darah merah turun kapado ibu
Allah manjadikan alaqah namonyo aku
Sarimani namonyo engkau
Aku manggarakkan pakasiah Allah jo Muhammad
ka dalam diri engkau
Insan suci Muhammad, kajadian engkau
Itulah nan tatuang kadalam limbago Muhammad

Hu…Allah

(XIII)

Kato Panggil


Hai eni silanggeni…
anak upiek dayang duani
Aku ambiak burung sikhadijah
anak dek burung sirubilah
Sallahu alihi wassalam ….


(XIV)

Pangunci Tubuh

Adam katubuah aku
Muhammad kanyawo aku
aku kala-kala katonyo Muhamamad
Allah…Allah kato qadimnyo
kato Adam hati bakato Jibril
Da kunci bumi
Min dipintu langiek
Yang mamanuhi sakalian alam
Haq…..

(XV)

Tahan Ali

Haq Alif tiado mati…
digundam tiada pacah
dibaka tiado hangus
dirandam tiado basah
dudukku di hamparan putiah
tagakku sapanjuru alam
Haq Dolak

(XVI)

Panahan Basi

Hai sakalian basi karsani
gursati ambun jati, air rabulalamin
air kendi rambun kendi
jangan engkau aniayo akan Allah
jangan engkau aniayo akan Muhammad
dan jangan engkau aniayo akan aku
aku tau kajadian engkau, aie maloran nan turun dari talago Tuhan

Mahasili Haq…
Muhammad Haq

(XVII)

Tahan Zahir Batin

Bismillahirrahmanirrahim
Kulitku hamparan kaabahtullah
Dagiangku tanah kaabahtullah
Urekku rantai kaabahtullah
Tulang punggungku tiang kaabahtullah
Tulang rusuakku kasau kaabahtullah
Buah punggungku batu tagantuang
Rabuku dindingku kaabahtullah
Hatiku tutup pintu kaabahtullah
Jantungku kaabahtullah

Sabananyo kalam bakato-kato
Zat tiado mati
Muhammad sabananyo diri


(XVIII)

Penolak Musuh

Aku lanyap kasipat Muhammad
Muhammad di dalam Zat
Latifun kabir…

(XIX)

Kato Pangunci

Urak sakalian urak
Kunci sakalian kunci
nan dikunci dek Muhammad
nan dipasak oleh Jibril
Haq kato aku

(XX)

Doa Pananang Pikiran

Watiullaha namo tubuhku
Watiul rasul namo nyawoku
Mulonya langiek manyentak naiek ka ateh
Mulonyo bumi mahampeh turun
Hilie gumilie alam maujudun
Tukiekan pandang kapado diri nangko
Sampaikan pandang kapado Zat
Nan mamanuahi sakalian ronggo
Nan maliputi sakalian alam
Hu…Allah


XXI

Doa Lenyap

Diriku Allah, tubuhku Muhammad
Allah badiri…
Muhammad lanyap
Hu Allah….

XXII

Doa Kedua

Asaku taguah
Illa liput
Tuhan tiado kalihatan
Hu Allah…
Lu…Lu…Lu…

Catatan :
Manto ini termasuk mantera Karsani.
 

2. Gambaran Budaya Manto

            Budaya manto di tengah-tengah suku bangsa Minangkabau sudah sejak lama dikenal. Manto atau mantera merupakan suatu kekuatan batin yang muncul dari dalam diri manusia itu sendiri. Akan tetapi jarang sekali orang mengetahui kekuatan dirinya yang tersembunyi tersebut, kecuali ia diberi anugrah oleh Tuhan. Jusru karena itu manto diturunkan atau diajarkan oleh seorang guru.
            Pada dasarnya manto itu diajarkan oleh guru kepada murid karena permintaan murid itu sendiri. Di Minangkabau manto tersebut disebut juga paga diri (penjaga diri). Dipercayai bahwa manto dapat menghindarkan bahaya pemiliknya dari penyerangan mereka yang memiliki manto pula. Biasanya keinginan untuk mempelajari manto adalah karena seseorang telah beranjak dewasa. Dan ia memerlukan perlindungan, bukan saja perlindungan pisik tapi juga perlindungan magis (kebatinan).
            Seperti diketahui manusia selalu dalam bahaya, baik bahaya disebabkan kegiatannya sehari-hari maupun bahaya karena pergaulan sesamanya. Dalam pepatah disebutkan,”Sabanyak nan sayang, sabanyak itu pulo nan berang” (Sebanyak yang sayang atau suka, sebanyak itu pula yang marah dan benci). Berikutnya sebagai manusia, ia perlu dorongan untuk percaya diri agar dia diakui dalam pergaulan. Di Minangkabau anak kemenakan yang beranjak dewasa, belum dapat dikatakan “Urang” kalau belum mempunyai ulemu atau ilmu batin dan pencak silat, disamping pintar ke sawah dan bekerja.
            Manto atau mantera tersebut berisi rangkaian kata yang memiliki kekuatan magis. Akan tetapi kekuatan manto tidak dapat begitu saja melekat pada mereka yang melafaskannya. Dia harus melatih, mengasah dan yakin, dan kemudian memprakteknya. Atau dengan kata lain, manto harus menyatu dengan dirinya sendiri.
            Maka manto atau mantera jarang sekali ditulis atau dipantunkan di khalayak ramai. Penulisan manto dilakukan bila dia atau seseorang telah hapal akan rapalan manto tersebut, agar tidak lupa dikemudian hari. Bahasanya adalah bahasa simbol. Guru manto menurunkan mantera-mantera kepada muridnya dengan cara membisikkan dan mendikte. Karena mekanisme pelajarannya dengan lisan, maka tak jarang ucapan atau kalimat manto, berbeda penerimaannya oleh murid. Apalagi pemahaman manto harus pula diberikan guru dengan metode “Wirid” Ragam dari wirid pada dasarnya adalah bagaimana memahami manto tersebut, yang disiapkan oleh guru. Kadangkala bahasanya datar tapi bisa juga berbentuk teka-teki.. Manto memang terkesan tertutup, kata-katanya dirahasiakan karena merupakan bagian ilmu beladiri.
Suku bangsa Minangkabau dikenal sebagai suku yang merantau. Dalam sebuah mamangan disebutkan : “Karatau madang diulu, babuah babungo balun. Marantau bujang daulu, di rumah paguno balun”  (Karatau madang di hulu, berbuah berbunga belum. Marantau bujang dahulu, di rumah berguna belum). Remaja atau anak muda Minangkabau sebelum disebut dewasa seutuhnya, haruslah mempersiapkan diri saat dia terjun kehidupan. Para pendahulu mereka (kaum kerabat) memahami benar bahwa kehidupan dunia nyata tidaklah mudah. Oleh karena mereka mempersiapkan generasinya agar menjadi “manusia tahan banting”. Merantau merupakan “kawah candradimuka” bagi anak muda Minangkabau. Untuk pergi merantau ia diharuskan mampu menjaga diri, menjaga diri lahir batin. Dia belajar pencak silat, mampu mensosialisasikan diri – pintar mengaji, berpandai-pandai di tengah-tengah masyarakat Dan bila datang ombak bersabung, angin yang bersiut, ia mampu mengatasinya. Nasehat orang tuanya selalu ia pegang teguh, apalgi di rantau orang,”Musuh tidak dicari, bersua berpantang dielakan” Untuk itu anak muda Minangkabau bersiap “mengisi garam di kampilnya” Garam dalam kampil tersebut adalah manto-manto!
*

Sastra lama lainnya seperti pantun, bidal, gurindam, serat, wawacan (tembang), peribahasa, ungkapan, pituah (nasehat), pada zaman dahulu penyebarannya dengan cara dinyanyikan atau didendangkan. Penyebarannya seperti upacara sunatan anak, perkawinan, tagak pangulu, babako. Dengan cara itu puisi lama terbeut mudah diingat dan dihapal. Dewasa ini memang penyebaran puisi lama mengalami kemunduran. Hal tersebut disebabkan oleh semakin langkanya tukang pantun, tukang dendang, kurang adanya apresiasi masyarakat, karena terbatasnya pemahaman masyarakat untuk memahami isinya, dan kurangnya bahan bacaan yang memuat puisi lama. Apalagi menyangkut puisi manto, yang penyebarannya dilakukan secara “tersembunyi.
          Walaupun puisi manto diyakini sebagai tameng diri, akan tetapi seperti diutarakan pada alinea terdahulu, dewasa ini manto-manto itu mulai menghilang. Sebabnya pandangan masyarakat telah bergeser, manto-manto tersebut tidak dipahami isinya, bahkan ada yang menudingnya sebagai “perbuatan syirik”. Dan pemahaman lainnya karena puisi manto bukanlah termasuk karya sastra.
            Bila kita simak perkembangan dewasa ini, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (2002) menerbitkan Antalogi Puisi Lama Nusantara. Departemen ini menitikberatkan puisi nasehat (lama) tersebut dikelompokkan berdasarkan isi yang memperlihatkan  (1) hubungan manusia dengan Tuhan, (2) hubungan manusia dengan masyarakat, (3) hubungan manusia dengan orang lain, (4) hubungan manusia dengan dirinya. Selain itu, puisi tersebut dikelompokkan atas jenis nasehatnya. Berangkat dari acuan yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa itu, tampaknya puisi lama juga dapat disebut puisi nasehat. Namun yang menggelitik kami, puisi manto tidak dijelaskan di mana posisinya. Padahal kami menemukan mantera yang dinamakan Puisi Lama (Nasehat) Nusantara, yang dapat dikategorikan sebagai Puisi Manto, antara lain  :

Tembang Asmaradana

pada sira estokna
parentahira Hyiang Widdhi,
kang dhawuh marang Nabiyullah
ing kadis enggone,
aja na ingkang sembrana,
rasakna den karasa,
dalil kadis rasanipun,
dadi pandang ing tyasira

maka kerjakanlah,
segala titah Ilahi,
yang mengutus Nabi Muhammad.
Dalam Quran Hadis tempatnya,
jangan ada yang terlengah,
rasukkan hingga terasa,
isi Quran dan Hadisnya
agar jernih hatimu.
           
(Wulangreh Anggitan Dalem Pakubuwono, Tembang Asmaradana)

Gurindam dari Sastra Melayu, Riau

Bila ilmu menyekutukan Tuhan
Di situlah tempat binasa badan

Bila ilmu menyekutukan Tuhan
Dalam neraka tercampak badan

Bila ilmu menyekutukan Tuhan
Azab menimpa sepanjang badan

Bila ilmu menyekutukan Tuhan
Azabnya keras bukan buatan

Bila ilmu menyekutukan Tuhan
Dikerak neraka tercampak badan

Bila ilmu mengingkari syarak
Ke dalam neraka badan tercampak

(Effendi, 1994)


Pantun dari Sastra Minangkabau

Asam kandih asam galugua
katigo asam si riang-riang
manangieh maik di dalam kubua
mangana nasib indak sumbayang

Asam kandis asam galugur
katigo asam si riang-riang
menangis mayat di dalam kubur
mengingat nasib tidak sembahyang
(Bakar, 1981)

Pantun dari Sastra Makasar, Sulawesi Selatan

Assambayangko nutammbung
pakajai alamalaknu
nanujarreki
kanana anggrang gurunnu

Bersembahyang dan berserahdirilah
serta perbanyaklah amalmu
dan teguhkanlah
ajaran gurumu

(Gani, 1988)

Ungkapan dari Sastra Daerah Istimewa Yogyakarta

Pasrah lan sumarah ’menyerah dan meyerah’ Makna ungkapan ini adalah hendaknya manusia menyerahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan karena Tuhan akan memilihkan jalan pailng baik. (Soeparto, 1984. 151)
(Soeparto, 1984)
          
Pendapat kami bahwa Puisi Lama atau Nasehat tersebut sama dengan manto-manto yang dilafaskan oleh pemiliknya karena puisi lama itu disamping mengingatkan diri tapi juga merupakan pengamalan yang harus dilakukan, baik ditinjau dari susunan baitnya maupun nasehatnya. Sebagai bahan perbandingan, kami tampilkan sebuah Manto  :

Bismillahirrahmanirrahim

Aku nan banamo air jati
yang turun air samparono kanin
dahulu aso kamudian aso
dahulu cukuik
kamudian cukuik
aku di dalam kulimah Allah
Hu…Allah

Aku yang bernama air jati
yang turun air sampurna ke sana
dahulu esa kemuadian esa
dahulu cukup kemudian cukup
aku di dalam kulimah Allah
Hu… Allah

Dicermati dari bait-bait manto mirip dengan Puisi Lama atau Nasehat. Isi manto pun pada dasarnya mengandung nasehat, nasehat untuk diri pembacanya. Bedanya, nasehat tersebut bukan untuk orang lain tapi bagi diri pembacanya. Dan pembaca langsung menjadi objek dan subjek nasehat.  
            Jadi jelaslah manto ini merupakan sastra yang bernuansa magis atau kebatinan. Namun karena bernuansa magis itu, para pengamat enggan menampilkan dan mengukuhkannya sebagai karya sastra lama. Terlepas dari semua itu, penulis terus berupaya untuk mengumpulkan manto-manto tersebut dan kemudian memasyarakatkannya sebagai bagian karya sastra Minangkabau. Puisi Manto adalah penajaman hubungan manusia dengan Tuhan sekaligus hubungan manusia dengan manusia lainnya.

**

3. Selintas Wirid Manto


Tulisan yang saya susun tentang Puisi Manto ini memang agak berbeda dari tulisan biasa. Latar belakang dari penulisan Puisi Manto ini berdasarkan asal-usul puisi ini, karena puisi mantera tersebut adalah menumbuhkan kekuatan bernuansa sakral atas keyakinan (gaib). Di samping itu untuk “mendapatkan” puisi manto ini, penulis harus belajar dari beberapa orang guru. Ada beberapa orang guru “menurunkan” manto-manto ini kepada penulis, antara lain : Pandito Katik Anyieh, seorang guru tarekat Syatariah di Padang Sarai – beliau adalah kakek penulis sendiri- Lalu Syekh Sya’ban di Pasar Usang (juga kakek penulis). Ketiga, Bagindo Munir di Teluk Bayur (meninggal di Sunua) dan keempat Labai. Guru-guru tersebut telah meninggal.
Keinginan untuk menyusun manto-manto ini memang sudah sejak lama tersimpan dalam benak penulis. Tapi terasa ada beban dalam hati. Beban tersebut karena manto-manto tersebut jarang sekali dipublikasikan ke tengah-tengah masyarakat, karena selama ini manto-manto diyakini berbau sakral. Bila dipublikasikan berarti penulis akan ketulahan atau kualat, penulis akan kena karma. Namun dalam perjalanan waktu, penulis ingat akan ucapan Rasullullah,”Ajarkanlah ilmumu, walaupun kamu hanya bisa satu ayat…” Penulis tersentak dari lamunan. Dan saat itulah penulis bertemu dengan Emral Jamal – yang juga penulis, budayawan- Kami berbincang-bincang tentang manto-manto. Akhirnya kami sepakat untuk menyusun puisi manto..

*
            Wirid Kaji merupakan metode penghayatan yang diberikan oleh guru kepada murid-muridnya. Di bagian terdahulu penulis mengetengahkan manto-manto yang dimulai dengan Kaji Karsani. Ada 7 (tujuh) tanggak atau bagian pada manto Karsani. Ketujuh bagian tersebut saling berkait, tidak terpisah-pisah. Guru menjelaskan kepada murid bahwa Karsani adalah “kekerasan insan”. Pada dasarnya setiap manusia diberi oleh Tuhan kekuatan dalam dirinya, di mana karsani tersebut ditiupkan oleh Malaikat Jibril lewat ubun-ubun manusia.
            Manusia (Adam) itu dijadikan Tuhan dari lumpur tanah hitam yang diambil Malaikat Jibril  di bawah Arsy. Dari lempung tanah tersebut dibentuk acuan manusia (patung) manusia. Adam tidak langsung hidup begitu, ia mengalami proses, beribu-ribu tahun dibiarkan tergeletak di tengah padang, berhujan berpanas.
            Suatu waktu Tuhan memanggil Jiblril. Tuhan bertanya kepada Jibril bagaimana keadaan patung Adam tersebut. “Ya, Allah… Patung manusia yang bernama Adam tersebut telah jadi. Namun dia belum bisa apa-apa. Walaupun telah Engkau tiupkan rohmu pada dia tapi ia belum bisa berdiri, hanya bisa bergolek-golek ke sana ke sini.”
            “Ya, Aku tahu semua itu.”
            “Ya Allah…Engkau Maha Tahu.”
            “Adam harus diberi Karsani.”
            “Apa itu Karsani, wahai Sang Khalik?”
            “Karsani itu kekerasan manusia. Dengan Karsani itu manusia dapat melata di muka bumi. Dan Adam akan mampu membentengi dirinya dari marabahaya,” Qalalahu Ta’ala. Kemudian Ia perintahkan Jibril membuka telapak tangan, dan meniupkan sesuatu ke telapak tangan malaikat tersebut. “Bawalah ini ke tempaan Adam dan tiupkan ke ubun-ubunnya!”
            Di tengah perjalanan Jibril bertemu dengan malaikat lain. Malaikat tersebut bertanya apa tang dibawa oleh Jibril. “Allah menyebutnya Karsani,” sahut Jibril. Tampaknya malaikat itu belum puas akan jawaban Jibril, ia lalu bertanya lagi,”Karsani, benda apa itu. Boleh saya lihat, “ujar malaikat itu. Jibril membuka genggaman tangannya. Tapi tidak apa-apa dalam telapak tangan tersebut. Kemudian Jibril melanjutkan perjalanannya. Tiba di hadapan tempaan Adam, ia tiupkan benda yang digenggamnya tadi ke ubun-ubun Adam. Namun tidak ada reaksi apa-apa. Ia coba berkali-kali, hasilnya tetap nihil.
            Jibril kembali menghadap Tuhan. Ia menuturkan apa yang dialaminya. Menuturkan kegagalannya meniupkan karsani ke tubuh Adam.
            “Engkau telah menyalahi perintah-Ku. Bukankah diperjalanan engkau telah membuka telapak tanganmu?”
            “Ampun hamba ya Rabbi. Hamba telah bersalah.”
            Allah kembali memberikan karsani kepada Jibril. Dan berpesan agar jangan membuka tangannya sampai di tujuan. Lantas tanpa membuang waktu lagi, Jibril berkelabat ke tempaan Adam. Ia langsung tiupkan karsani ke ubun-ubun Adam. Sekonyong-konyong tubuh Adam bergetar hebat. Dari ubun-ubun Adam menyembur kilat dan membubung tinggi. Lalu kedengaran suara menggelegar. Dan karsani terus menghunjam ke tubuh Adam sehingga membuat lubang kecil di bawah, yang kemudian dikenal sebagai lubang dubur.
            Adam kini bangkit. Benda-benda di sekitarnya beterbangan, pasir, kerikil, batu-batuan berhamburan. Itulah kekuatan “Karsani”!. Tanaman yang ada di sekitar lokasi tersebut terbakar. Saat itu petir membahana, di mana petir itu diyakini berasal dari serpihan ubun-ubun Adam ketika dimasuki Karsani.
           
            Kisah ini menjadi acuan bagi mereka yang mempelajari Karsani. Mereka yang merapalkan 7 tanggak (7 manto) Karsani, sekujur tubuhnya bergetar dan mengeras bagai besi. Darahnya berpacu kencang.
            Setelah guru yakin bahwa muridnya telah berhasil menerima Karsani maka si murid disuruh mempersiapkan alat perangkat yaitu seekor ayam jantan berbulu biring (berbulu hitam bercampur kuning dan merah). Menjelang tengah malam sang guru melakukan upacara penderaan. Murid didera dengan pelepah keladi merah sampai keladi tersebut hancur di tubuhnya. Selanjutnya ayam jantan itu dibedah, dijelaskan oleh guru tali menali jantung, hati dan empedu. Kemudian ayam tersebut dilepaskan. Biasanya ayam yang telah dibedah itu dibiarkan berjalan. Semakin kuat daya tahan ayam itu semakin kuat Karsani bercokol di tubuh si murid.
            Akhirnya bagi murid yang telah melalui proses tersebut, guru segera membacakan kembali 7 tanggak manto Karsani. Guru dan murid berpunggungan. Selesai acara itu si murid berangkat tanpa menoleh. Dia berpantang bertemu dengan guru selama tujuh hari. Itulah yang disebut “Pantang Tujuh” Bila kedua orang tersebut pada masa tenggang waktu itu maka akan terjadi musibah (Seperti yang saya terima dari para guru)
            Biasanya setelah “Pantang Tujuh” berakhir maka si murid akan kembali menemui (boleh) guru atau datang ke perguruannya. Ia dapat melanjutkan Kaji (pelajaran) baru. Guru menurunkan lagi beberapa manto kepada si murid. Wawasan murid semakin terbuka dan mendalam.


Sekilas tentang Penyusun :

Amran SN, lahir 31 Desember 1948 (Bertepatan dengan serangan Belanda ke Koto Tangah saat melabrak batas demarkasi) di Padang. Ketika masih di Sekolah Rakyat, tulisannya berjudul “Tusuk Gigi” dimuat majalah anak Sikuncung. Tapi aktif menulis di berbagai koran lokal dan ibukota tahun 1980. Tulisannya yang dimuat di majalah Horison berjudul “Gaek” juga diterbitkan di Belanda (1990). Berbagai cerita silatnya dimuat di Harian haluan dan Singgalang, Mingguan Canang. Di samping itu dia juga seorang pengamat politik, sosial dan budaya. Cerita anak “Maco” dimuat majalah SAI sekitar 1990. Pernah menjadi Redaktur Pelaksana mingguan “Rancang” tahun 2002. Pula membantu di majalah Mimbar DPRD SUMBAR (2004). Mendirikan Minangkabau Online bersama Yunizar Nasyam (2006). Pun pernah memasuki arena politik dan menjadi anggota legislatif di DPRD Padang (1992 – 1997).

Kumpulan Cerita Rakyat Pulau Sumatra diterbitkan Inproso, Kartasura Solo tahun 2009. Konon dalam waktu dekat, cerita laganya yang pernah terbit akan dikomikkan (2010). Dan berbagai karya novel yang lupa dicatat. Kini Amran SN menyusun PUISI MANTO.

*



22 komentar:

Khalil Reget mengatakan...

lai dak kasalah pakai urang nan mamahamanyo tu, kan dak ado guru pandampiang, takui kok kasadak an beko !!

kabarinfo-id mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
kabarinfo-id mengatakan...

salam kenal sanak ambo Amran SN..
namo ambo onrico suhaimi juli,tingga di duri riau
anak dari Alm,suhaimi,tingga di payakumbuah
Cucu dari Alm.B.H.Angku Mudo Juli, di payakumbuah

mano tau kito dari guru nan samo !...

Milman Yusdi mengatakan...

baribu maaf sabalum nyo,. klo ambo baco doa manto di ateh tarutamo dikarsani banyak nan salah bahasa nyo,.. dan urutanyo,..

Unknown mengatakan...

Khusus untuk onrico diduri,saya salah seorang murid pak wahab almarhum yg belajar kepada kakek anda.sekarang saya didumai. Ajaran beliau tak banyak orang yang mengerti.kebanyakkan murid muridnya banyak ke alam bukan tentang kembali.

Unknown mengatakan...

Saya mengikuti pengajian ini selama 16 tahun dan saya mulai dari khatam 3 sampai khatam sedetik dan saya mengamalkan siang dan malam selagi saya sehat dan niat saya tidak pernah berubah,barulah saya ketemu dgn apa yang saya cari seperti firman Tuhan dalam surat Al-kahfi 110. Dan sekarang saya di Dumai menyebarkan ajaran ini kepada siapa yang dikehendakiNya. Kenapa saya katakan begitu karena saya tidak mencari murid.Walaupun saya sudah diizinkan untuk menjadi guru.karena yg paling susah adalah menggurui diri sendiri.Kaji ini harus didudukkan kepada Allah, kalau tidak dengan petunjukNya tak mungkin bisa mengajarkan kepada siapapun apalagi tentang sedetik.

Unknown mengatakan...

saya tidak ingin mendahului Tuhan, tapi pengajian ini banyak yg tahu ceritanya tapi tak tahu isinya Sesungguhnya jalan kewalian itu tak mungkin didapat jika tidak karena Allah. Sementara kebanyakkan murid tidak mau mengamalkan apa yang sudah ia tuntut dari gurunya.sedangkan disetiap khatam guru berlaku izin Allah.

Unknown mengatakan...

Dalam pengajian ini tidak mungkin seorang murid akan menemukkan kebenaran dari Tuhannya dari seorang guru yang tidak duduk keyakinannya kepada Allah.Karena ilmu itu adalah amanah dari Tuhan kepada guru dan guru mengamanahkannya kepada murid,jadi tidak mungkin seorang murid jumpa dengan kebenaran Tuhannya dari guru yg berbohong tentang kebenaran Tuhan.

Unknown mengatakan...

Karena ilmu itu amanah Allah jadi tidak mungkin putus hubungan antara murid dan guru .walaupun gurunya sudah tiada, sekurang kurangnya kirim fidiyah kepada guru.tapi kalau gurunya tidak duduk kepada Allah bagaimana muridnya akan berfidiyah kepada guru sedang Allah tak suka.

Unknown mengatakan...

Pengajian ini tentang pencarian kebenaran yang datang dari Allah yaitu hidayah atau petunjuk dengan jalan meng-Esa kanNya

Unknown mengatakan...

Dalam perjalannan duduk saya.Allah mengajarkan kepada saya seluruh isi dari pengajian ini ,mulai dari khatam tiga sampai khatam sedetik,mulai dari adam sampai kepada ke adammanya saya, mulai dari ilmu kembali kepada ilmu.jika saya ceritakan disini satu persatu pasti anda akan menganggap saya gila.Karena " Kebanyakkan manusia ingkar tentang menemui Tuhannya".

Unknown mengatakan...

Almarhum Drs. Abdul wahab adalah satu murid dari sekian banyak murid Ongku mudo juli,yg telah sampai dan saya adalah satu murid dari sekian banyak murid pak wahab yang sampai .karena yang sampai ketitik ini jarang jarang dapat dan kalaupun ada hanya satu- satu yang dapat.Demi Allah, bukan bermaksud untuk menyombongkan diri tapi di Dumai banyak yang mengaku sampai tapi entah sampai kemana.saya ikut pengajian pak wahab karena saya memohon kepada Allah tentang suatu jalan yang secara otodidak saya dapatkan dari Allah, namun saya yakin pasti ada yang lebih dulu dari saya dan saya tidak akan mengikuti ajaranMU jika bukan dari walimu ya Allah,itulah saya bertemu dengan beliu dan beliau sudah keadaan saya ,sehingga selama saya belajar dgn beliau saya tidak boleh bertannya,sementara murid yang lain boleh bertanya.Pernah suatu waktu saya sudah tak tahan ingin bertanya kepada beliau ,tapi pertanyaan saya belum selesai beliau berdiri dari tempat duduknya mendatangi saya lantas menendangi dan menyepak-i saya yang lagi duduk padahal waktu itu lagi wirid dan ramai orang,sejak itu saya tidak pernah lagi bertanya kepada beliau sementara murid yang lain boleh bertanya.Dua hari badan saya sakit semua karena disepak-i begitu,tapi akhirnya saya mengerti maksudnya beliau begitu.sekarang anak anak beliu beliau ada di pekan baru.

Unknown mengatakan...

Dan anak beliau datang belajar kepada saya karena dalam mimpinya mencari ayahnya tapi ketemu dengan saya dan selalu begitu tapi akhirnya didalam duduk anaknya sudah bisa ketemu denga ayahnya baru saya, alhamdulillah.wassalam

Unknown mengatakan...

Dan anak beliau datang belajar kepada saya karena dalam mimpinya mencari ayahnya tapi ketemu dengan saya dan selalu begitu tapi akhirnya didalam duduk anaknya sudah bisa ketemu denga ayahnya baru saya, alhamdulillah.wassalam

Unknown mengatakan...

Dalam perjalannan duduk saya.Allah mengajarkan kepada saya seluruh isi dari pengajian ini ,mulai dari khatam tiga sampai khatam sedetik,mulai dari adam sampai kepada ke adammanya saya, mulai dari ilmu kembali kepada ilmu.jika saya ceritakan disini satu persatu pasti anda akan menganggap saya gila.Karena " Kebanyakkan manusia ingkar tentang menemui Tuhannya".

Unknown mengatakan...

Karena ilmu itu amanah Allah jadi tidak mungkin putus hubungan antara murid dan guru .walaupun gurunya sudah tiada, sekurang kurangnya kirim fidiyah kepada guru.tapi kalau gurunya tidak duduk kepada Allah bagaimana muridnya akan berfidiyah kepada guru sedang Allah tak suka.

Unknown mengatakan...

Pak Ridho Daurie, Apa Bapak kenal dengan Pak Munir yg tinggal di Duri, Beliau murid dari Angku Mudo Juli dan sudah menjadi guru di Duri dan memiliki ratusa murid

Unknown mengatakan...

Pak Ridho Daurie, Apa Bapak kenal dengan Pak Munir yg tinggal di Duri, Beliau murid dari Angku Mudo Juli dan sudah menjadi guru di Duri dan memiliki ratusa murid

Mr Nov mengatakan...

assalamu'alaikum.Salam kenal, nama saya Noveri Muchlis, anak dari Bapak Alm H,Muchlis (Pakiah)yangtinal diduri, anak murid dari Alm.B.H.Angku Mudo Juli. Sebenarnya masih ada katam sesudah katam sadatiak, yang diajar oleh Alm.B.H.Angku Mudo Juli kepada Alm Bapak Pakiah, dan beliau pun telah mengajarkan kepada 3 orang, 2 dari murid Pak Mas, anaknya Alm.B.H.Angku Mudo Juli. 1 da Son,tinggal diminas,2 Budiman tinggal diduri, tapi menurut saya yang bisa memahami(dapat)dari murid Pak Mas adalah Da Son, beliau pun sekarang menurut informasi telah mempunyai banyak murid, walaupun beliau masih belajar dengan Pak Mas

Mr Nov mengatakan...

assalammu'alaikum Saudara Andi J Parsa, saya kenal dengan Alm Pak Munir, dulu tinggalnya dipokok jengkol,Beliau seperguruan dengan Bapak Pakiah

Investor Mileneal mengatakan...

asalamualaikum bapak ambo dari pasaman barat iko do'a nyo io pak..tapi apo kalanjuik an kaji nyo pak? di satiok do'a e pasti ado kaji e pak.... apo buliah do'a do'a ko di di kaji sumbarang urang ndk mangarti? biasonyo satiok kaji ko ado pamutuihan nyo nak pak... bisa bapak jalehan saketek k kamanakan ko...

Tengku Mudo al-Khalidi mengatakan...

salam kenal kepada sekalian guru dan penerus pengajian Syekh Angku Mudo Juli.

alhamdulillah dapek berjumpo disiko.

Posting Komentar